Apa Saja Sih Obat Diabetes Yuk Cari Tahu!

Apa Saja Sih Obat Diabetes? Yuk Cari Tahu!

Diabetes merupakan penyakit kronis dimana kadar gula atau glukosa darah meningkat. Diabetes dibedakan menjadi dua jenis, diabetes tipe 1 dimana pankreas tidak dapat memproduksi insulin, dan diabetes tipe 2 dimana hanya sebagian penderitanya memerlukan insulin. Lantas apa saja sih obat diabetes? Karena diabetes dapat menimbulkan komplikasi jika tidak dikontrol dengan baik.

Namun rupanya tidak semua penderita diabetes melitus atau kencing manis harus ditangani dengan obat. Dalam tahap awal pengobatan, umumnya dokter terlebih dahulu menyarankan pasien untuk menerapkan gaya hidup sehat dan mengatur pola makan.

Namun pada beberapa kasus memang penderita diabetes memerlukan obat-obatan tertentu yang dapat membantu mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh. Berikut ini obat diabetes yang umum dan direkomendasikan.

  1. Metformin

Obat yang satu ini adalah obat generik yang paling banyak diresepkan dokter bagi para penderita diabetes tipe 2. Metformin berperan sebagai penurun kadar gula yang meningkat, dapat dikonsumsi bersama dengan obat penurun gula darah lainnya ataupun sebagai obat tunggal. Metformin tidak dapat dikonsumsi penderita diabetes tipe 1, dimana organ pankreasnya tidak lagi memproduksi insulin.

  1. Meglitinide

Meglitinide merupakan obat yang mampu merangsang pankreas agar menghasilkan lebih banyak insulin. Namun obat yang satu ini dapat menyebabkan penambahan berat badan serta gula darah rendah, karena itulah Anda perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi obat ini. Contoh obat dari golongan Meglitinide diantaranya adalah Starlix dan juga Prandin.

  1. Sulfonilurea

Obat diabates selanjutnya adalah Sulfonilurea. Obat yang satu ini memang terbilang obat lawas, namun hingga saat ini masih banyak dikonsumsi karena efektif untuk membantu mengontrol gejala diabetes. Contoh obat generik golongan Sulfonilurea adalah

  • Glimepiride

Glimepiride merupakan obat pengontrol kadar gula darah tinggi pada pengidap diabetes tipe 2. Obat ini tidak dapat dikonsumsi oleh pengidap diabetes tipe 1, karena Glimepiride bekerja untuk membantu menurunkan gula darah penderita yang tubuhnya masih mampu memproduksi insulin secara alami.

  • Glipizide

Glipizide dapat meningkatkan sensitivitas insulin pada tubuh, bekerja dengan menstimulasi pelepasan insulin yang berasal dari sel beta pankreas. Selain itu obat ini juga mampu mengurangi jumlah glukosa yang dihasilkan oleh organ hati.

  • Glibenclamide

Glibenclamide atau Glyburide merupakan obat diabetes yang dapat menurunkan kadar gula darah. Obat ini bekerja dengan merangsang tubuh untuk dapat mengeluarkan lebih banyak insulin, sehingga dapat mengikat glukosa dalam aliran darah.

  1. Terapi Insulin

Bagi para penderita diabetes tipe 1, terapi insulin merupakan metode andalan untuk mengontrol diabetes. Hal ini dikarenakan pankreas dari para penderita diabetes tipe 1 sudah tidak dapat memproduksi insulin.

Namun tak jarang pula para penderita diabetes tipe 2 yang juga membutuhkan terapi insulin. Karena meskipun kondisi pankreasnya masih dapat menghasilkan hormon insulin, tubuh sudah tidak dapat lagi merespon insulin.

Inilah Cara Mengendalikan Gula Darah

Kesehatan tubuh serta gaya hidup sehat merupakan hal penting tak hanya bagi orang sehat, namun juga bagi para penderita diabetes. Berikut ini hal-hal yang perlu Anda perhatikan guna mengendalikan gula darah dalam tubuh, diantaranya

  • Olahraga

Bagi para penderita diabetes, olahraga merupakan cara hidup sehat yang penting dan mudah untuk dilakukan. Karena pada saat berolahraga otot tubuh akan menggunakan glukosa atau gula untuk menghimpun energi, sehingga tubuh dapat menggunakan insulin secara efisien.

  • Makan Sehat

Hal yang perlu diperhatikan para penderita diabetes adalah menjaga asupan makanan. Disarankan untuk mengonsumsi buah, sayur, ikan, sumber serat yang cukup, dan menghindari makanan yang mengandung gula tinggi.

Itulah jawaban dari apa saja sih obat diabetes? Tak lupa untuk rutin melakukan check-up paling tidak 6 bulan sekali.

Comments are closed.

shares