6 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit

6 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit

Penggunaan cuka apel dalam beberapa tahun terakhir menjadi sangat populer. Bukan hanya dikonsumsi untuk kesehatan tubuh, bahan satu ini juga dijadikan salah satu alternatif untuk membuat toner sendiri di rumah dan menjadi campuran masker wajah. Manfaat cuka apel sendiri ada banyak sekali dan telah teruji memberi efek yang baik untuk kondisi tertentu. Khususnya bagi Anda yang memang cocok dengan bahan satu ini.

Manfaat Cuka Apel

Berikut beragam manfaat dari cuka apel dalam artikel kehamilan serta kesehatan umum.

1.     Bantu Turunkan Berat Badan

Mengonsumsi segelas air yang dicampur satu sendok teh cuka apel setiap harinya bisa bantu turunkan berat badan. Konsumsi sebelum makan, khususnya makan berat secara rutin menurut penelitian cukup memberi efek jangka panjang dalam menurunkan angka timbangan.

2.     Atur Kadar Gula

Cuka apel bisa juga dimanfaatkan untuk bantu mengatur kadar gula dalam tubuh. Bahan ini bekerja dengan menghambat pelepas gula yang mana masuk ke tubuh melalui berbagai makanan dan minuman yang kita konsumsi.

3.     Menjaga Jantung Sehat

Manfaat berikutnya ialah mampu menjaga jantung. Hal ini berhubungan dengan peran cuka apel sebagai salah satu asupan untuk turunkan kadar lemak lipid. Mengapa bisa? Sebab cuka apel kaya akan antioksidan dengan jenis asam chlorogenic.

4.     Redakan Gejala Rematik

Anda yang memiliki gangguan kesehatan berupa rematik atau mengalami gejala-gejalanya bisa konsumsi cuka apel. Nah, manfaat cuka apel tersebut akan menjadi zat perekat di area sendi yang melekatkan kalsium untuk memperbaiki endapan zat asam sebagai penyebab Anda alami rematik.

5.     Menurunkan Darah Tinggi

Cuka apel pun bisa digunakan untuk bantu turunkan darah tinggi. Cuka apel akan menetralkan tekanan darah pada tubuh kita. Akan sangat cocok bila Anda menderita hipertensi atau sulit mengontrol asupan tinggi lemak.

6.     Atasi Diare

Kemudian bahan ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengurangi gejala diare. Sebab cuka apel mengandung senyawa pektin yang mampu mendukung tumbuhnya bakteri baik di dalam organ pencernaan.

7.     Mengurangi Sakit Tenggorokan

Selain itu, cuka apel berguna dalam mengurangi sakit tenggorokan. Campurkan segelas kecil air hangat dan tambahan cuka apel sekitar dua sendok makan, lalu minum. Cuka apel akan mengurangi infeksi pada tenggorokan.

8.     Mencerahkan Wajah

Terakhir, cuka apel bisa diandalkan untuk cerahkan kulit dan mengobati kulit berjerawat yang diakibatkan penumpukan sel kulit mati yang selanjutnya membantu menetralkan pH kulit wajah. Cuka apel mengandung AHA alami yang berfungsi menjadi exfoliator.

Menurun banyak artikel kehamilan atau ulasan seputar masa kehamilan, cuka apel bisa juga dikonsumsi wanita hamil. Namun jauh lebih baik tanyakan atau konsultasi pada dokter lebih dulu karena kondisi setiap orang berbeda-beda. Manfaat cuka apel di atas bisa Anda coba dan terapkan. Cuka apel bersifat asam, sehingga Anda bisa konsultasi pada dokter untuk hindari kambuhnya penyakit lambung bila Anda termasuk penderita maag, GERD, atau pun tukak lambung.

Comments are closed.

shares