6 Makanan yang Berbahaya untuk Kucing

6 Makanan yang Berbahaya untuk Kucing

6 Makanan yang Berbahaya untuk Kucing

Agar kucing tetap sehat dan lincah, Anda tentu saja harus memberikan perawatan secara maksimal. Salah satunya adalah memberikan makanan yang mengandung nutrisi yang baik untuk kucing. Anda bisa memberikan makanan kucing anggora seperti ikan tuna, salmon, ayam, tongkol, dan masih banyak lagi. Namun, tidak sedikit yang masih asal-asalan dalam memberikan makan kucing.

 

Makanan berbahaya untuk kucing

 

Pemberian makan untuk kucing tentu saja tidak bisa sembarangan. Alih-alih sehat, si kucing malah keracunan dan sakit akibat mengonsumsi makanan yang berbahaya. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengetahui apa saja makanan yang berbahaya untuk kucing berikut ini.

1. Coklat dan Permen

Tidak sedikit kucing yang mau makan coklat dan permen. Mungkin karena baunya seperti susu, sehingga mereka melahapnya begitu saja. Meskipun begitu, kucing tidak bisa menyerap kandungan kafein dan teobromin yang ada pada coklat. Kucing bisa mengalami gagal hati. Jadi, jangan coba-coba memberi coklat dan permen kalau pengen si kucing tetap sehat.

2. Telur Mentah

Makanan berbahaya lainnya adalah telur mentah. Telur yang tidak dimasak masih mengandung bakteri di dalamnya. Jadi, makanan ini tidak baik dikonsumsi oleh kucing karena ususnya bisa terganggu. Kalau bisa, masak terlebih dahulu sebelum diberikan pada kucing.

3. Bawang Merah, Bawang Putih, dan Daun Bawang

Kucing memang tidak akan suka jika disodori aneka bawang, mulai dari bawang merah, bawang putih, daun bawang, dan sejenisnya. Namun, ini akan berbahaya jika Anda mencampurkannya dengan makanannya. Misalnya, mencampurkan ikan tuna dengan bawang merah.

Jika kucing Anda mengonsumsi bawang tersebut, kemungkinan besar ia bisa mengalami anemia hemolitik dan sel darah merahnya menjadi melemah. Gejala yang terlihat adalah kucing akan merasakan sesak napas, urin berubah warna, dan sakit perut.

4. Olahan Susu

Kucing ternyata tidak dianjurkan untuk diberikan olahan susu setiap saat. Meskipun kebanyakan kucing menyukai susu, kandungan yang terdapat di dalamnya bisa menyebabkan mereka sakit perut, diare, bahkan muntah-muntah. Ini dikarenakan tidak sedikit kucing dewasa yang intoleran terhadap laktosa. Jadi, beri saja air putih, ya.

5. Tulang

Sisa-sisa tulang ayam biasanya Anda berikan pada kucing dengan alasan agar tidak mubazir. Mereka tentu saja akan melahapnya. Namun, Anda harus tahu bahwa tulang sebenarnya bukan makanan kucing anggora dan kucing-kucing jenis lainnya. Tulang bisa saja melukai ususnya, sehingga kucing bisa mengalami sembelit dan pendarahan pada sistem pencernaannya.

6. Nasi

Banyak orang memberi nasi sebagai campuran makanan sehari-hari kucing. Alasannya sederhana, biar cepat kenyang dan kucing menjadi gemuk. Padahal nasi tidak bisa dicerna oleh kucing. Kandungan karbohidratnya sulit dicerna, sehingga kucing bisa muntah. Jadi, berikan saja makanan basah yang rendah karbohidrat dan jangan sekali-kali memberinya nasi.

Itulah enam makanan yang sebaiknya tidak diberikan pada kucing. Berikan makanan kucing anggora terbaik agar tumbuh kembangnya sempurna.

 

Comments are closed.

shares