4 Macam Servis Mobil Berkala

4 Macam Servis Mobil Berkala

Pemeliharaan kendaraan bermotor merupakan hal yang wajib diperhatikan bagi para penggunanya. Tidak hanya digunakan saja, namun juga harus dirawat dengan baik. Mulai dari pemeliharaan fisik, hingga mesin kendaraannya.

Sama halnya dengan manusia yang harus diberi makan dan juga minum untuk bertahan hidup, begitu pula dengan kendaraan bermotor yang perlu di servis untuk tetap menjaga stabilitas dari performanya itu sendiri.

Semua model kendaraan bermotor diwajibkan untuk dilakukannya servis sesuai dengan jangka waktu dan juga kebutuhan mesinnya sendiri. Biasanya, servis kendaraan akan ada waktu-waktu khusus yang sudah ditentukan dan juga dijadwalkan dalam sebuah buku servis. Namun, bisa juga kita memperkirakan sendiri kapan waktu yang tepat untuk melakukan servis mobil pada kendaraan yang kita miliki.

Berikut akan dijelaskan mengenai macam-macam servis yang dikhususkan untuk mobil sebagai pengetahuan tambahan untuk kita. Tentunya, servis yang nantinya dilakukan membutuhkan tahapan-tahapan yang harus dipenuhi sebelum melakukan servis itu sendiri.

Servis Mobil Secara Berkala Pada 5.000 KM

Servis pada kendaraan bermotor tentunya harus dilakukan secara servis berkala. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memelihara kesehatan mesin dan juga mobil kita dari kerusakan yang bisa terjadi juga secara berkala seiring dengan jangka waktu pemakaian.

Biasanya, saat mobil sudah mencapai jarak tempuh 1.000 KM, pemilik diharuskan untuk melakukan servis atau pengecekan mesin mobil. Hal ini dilakukan untuk melihat apakah ada yang perlu dibenahi ataukah sedikit mengalami masalah.

Pada KM 5.000, kita juga diwajibkan dan juga dijadwalkan untuk melakukan servis mobil kembali. Masa yang digunakan untuk patokan jarak tempuh 5.000 KM adalah sekitar 3 sampai 4 bulan lamanya. Namun semua itu tergantung dari masa pakai dan juga jarak tempuh.

Pada masa ini, mobil akan diservis dengan pemeliharaan berkala pada mesinnya. Beberapa komponen juga perlu diganti melihat dari jarak yang ditempuh sudah memenuhi syarat ganti. Begitu juga dengan oli mobil yang harus ikut diganti dibarengi dengan filternya juga. Ada juga pergantian pada steering, cairan mobil, dan juga kampas rem yang harus ikut diganti.

Servis Mobil Secara Berkala Pada 10.000 KM

Pada jarak tempuh 10.000 KM, mobil akan mendapatkan lebih banyak titik pengecekan. Hal ini dipengaruhi oleh jarak yang terbilang sudah cukup jauh. Tentunya pengecekan yang dilakukan akan lebih detail ketimbang pada jarak 5.000 KM.

Servis mobil yang akan didapatkan adalah pengecekan dan juga pembersihan mobil pada kampas rem keempat rodanya. Selain itu, ada juga beberapa komponen yang harus dilakukan pergantian, diantaranya adalah oli mesin dan juga oli transmisi. Tidak lupa juga pengecekan pda balancing, spooring, dan juga rotasi ban yang menyilang.

Servis Mobil Berkala Pada 15.000 KM

Untuk jarak tempuh 15.000 KM akan lebih mendetail lagi dalam langkah perawatan berkala mobil. Dimana komponen yang dicek dan juga diganti akan jauh lebih bangak lagi. Yang mana diantaranya adalah pergantian oli yang menjadi menu wajib tiap kelipatan 5.000 KM, ada juga pengecekan yang dilakukan pada fluida berserta minyak lain, air radiator, baut kolong, hingga suspensi.

Servis Mobil Berkala Pada 20.000 KM

Saat usia mobil kita mencapai penggunaan 1 tahun, maka kita diwajibkan untuk melakukan servis secara berkala lagi. Nah, untuk servis pada KM 20.000 ini bisa dibilang sebagai kegiatan servis besar yang mana akan membutuhkan waktu sedikit lebih lama lagi.

Hal ini dilatarbelakangi karena semakin banyaknya komponen yang harus dicek sampai diganti secara lebih mendetail. Tetapi, sebenarnya semua servis mobil yang dilakukan hampir-hampir sama, antara komponen yang harus dicek dan juga diganti. Hanya saja setiap ada penambahan jarak tempuh maka akan semakin bertambah pula komponen yang perlu untuk dicek juga.

Pada jarak tempuh 20.000 KM ini yang akan di servis adalah pergantian busi mesin, pengecekan dan juga penyetelan klep, pembersihan saringan udara, pemgecekan rem pada semua roda mobilnya, pembersihan pada throttle body, penggantian filter ACnya, melakukan kalibrasi idle, ada juga pengecekan pada balancing dan juga spooring, hingga masuk ke pengecekan rotasi ban menyilang.

Ternyata begitu banyak macam servis mobil yang perlu kita ketahui dalam proses pemeliharaan kendaraan bermotor. Hal ini tentunya diwajibkan untuk mengerahkannya pada pihak yang lebih ahli, ya. Layaknya bengkel resmi yang menaungi merek mobil kita.

Comments are closed.

shares